Sabtu, 21 Desember 2013

Shal_e Zard (bubur nasi saffron)

Shal_e zard, bubur nasi yg dimasak dengan saffron. Biasanya bubur ini dibuat pada kesempatan tertentu. Misalnya, ada hajatan pribadi atau keagamaan. Tetapi ada juga yang membuat bubur ini sebagai hidangan pencuci mulut.
Bubur ini berbahan dasar beras, tapi beras yg digunakan biasanya bukan beras yg dipakai buat masak sehari-hari. Di tempat sy tinggal sekarang, beras yg biasa dipakai untuk bubur ini dipakai beras thailand. Beras lokal dipakai untuk makan sehari. Di pasar, dijual beras khusus untuk shal_e zard, beras yg sudah ditumbuk kasar. Meskipun begitu, bisa juga dibuat dari beras yg biasa dipakai buat masak sehari-hari.
 Untuk mendapatkan bau yg wangi ketika bubur dimasak, maka ditambahkan air bunga mawar, atau yg biasa disebut "gol-ab",dijual dalam botol kemasan dan siap pakai.

rendaman saffron.

beras untuk bubur Shal_e zard






Resep shal_e zard
Bahan
2 cup beras (rendam semalaman)
2 1/2 cup gula (tergantung selera manis masing2, ada yg pakai 3 1/2 cup gula)
1/2 sdt saffron, rendam air panas (100ml), tutup wadah merendamnya, biarkan saffronnya mengembang.
3-4 sdm minyak goreng (sy pake minyak bunga matahari)
air secukupnya untuk memasak beras sampe menjadi bubur.
100 cc air bunga mawar 

Caranya:
1. Dalam panci, masak beras kira-kira dengan 5 gelas air, hingga mendidih.
2. Aduk-aduk, biar  bubur ngga lengket di dasar panci.
3. Ketika air kelihatannya sudah berkurang dan beras menjadi lunak/masak, tambahkan gula dan rendaman saffron tadi. Aduk lagi.
4. Lalu tambahkan minyak goreng, dan terakhir tambahkan air bunga mawar, aduk lagi. Biarkan mendidih sebentar sblm diangkat.

Biar ngga kelihatan polos, biasanya bubur ini selalu diberikan hiasan irisan kacang almond, pistachio dan kayu manis bubuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar