Jumat, 07 Maret 2014

Khoresh Fesenjoon ( stew with chicken, walnut and pomegrante )


Khoresh dalam bahasa Inggris berarti Stew. Pertama mendengar masakan ini waktu di kelas bahasa Parsi. Salah seorang murid keturunan Iran tapi tinggal di Amerika menyebutkan bahwa khores fesenjoon ini sangat lezat. Ketika pulang ke rumah, saya bertanya pada ibu mertua saya apa itu khoresh fesenjoon. Khoresh (stew) fesenjoon adalah masakan yg dimasak dengan bahan dasar kacang walnut, robb-e anar dan gula. Jelas, karena waktu itu saya tidak suka dengan khoresh ini karena rasanya manis. Saya fikir, kok bisa ya daging dimasak campur gula..Hadeuh. Waktu itu tidak terbayang oleh saya seperti apa khoresh ini,meskipun ibu mertua saya sudah berusaha mengingatkan.




Ketika seorang sepupu suami saya menikah dan kami sekeluarga di undang untuk menghadiri acara tersebut. Kami juga diberikan tempat menginap dan disuguhi khoresh fesenjoon. Seakan tidak percaya betapa saya menyukai khoresh ini. Rasanya agak asam bercampur manis dengan tingkat kekentalan kuah yang pas di lidah Indonesia saya. Rasa seperti ini disebut 'malas' dalam bahasa Persia. Ternyata rasa manis bukanlah mutlak dari rasa fesenjoon ini.



walnut



Robb-e Anar

Khoresh ini dimasak dengan menggunakan "robb-e anar"(pasta delima). Bagaimana membuat pasta delima ini,saya juga tidak tahu. Saya hanya membeli di pasar dan tersedia dengan pilihan rasa manis, asam dan "malas" . Rasa manis dalam fesenjoon disesuaikan dengan selera masing-masing. Beberapa orang menyukai rasa manis, beberapa orang tidak menyukai rasa manis.  Oiya, bahan dasar khoresh fesenjoon ini daging (bisa daging ayam atau daging sapi), pasta delima, bumbu masak dan walnut tumbuk. Sebaian orang yang menyukai walnut ditumbuk halus dan ada juga yang suka menumbuk dengan tekstur sedikit kasar.Kali ini karena saya tidak memakai parutan apple ke dalam khoresh ini, maka saya lebih menyukai walnut yang ditumbuk dengan tekstur agak kasar.




Berikut resep memasak khoresh fesenjoon yang sudah saya modifikasi sedikit.

Bahan
200 gr daging ayam cincang
1 buah bawang merah/bombay uk sedang
1 cup walnut tumbuk
1 sdt kunyit bubuk
sedikit kayu manis bubuk (lk 1/8 sdt )
gula 2-3 sdm
robb-e anar 3 sdm
3 gelas air
garam secukupnya
sedikit minyak untuk menumis

Cara memasak
  1.  Dalam wajan, oseng-oseng walnut sebentar. Lalu tambahkan 2 sdm robb-e anar dan 1 gelas air. Biarkan  masak sampe mendidih. Ada yg memasak kira-kira 30-40 menit. Sisihkan. Kalo saya, kacang walnut saya tumis dengan sedikit minyak kira-kira kurang dari 1 sdt ukurannya. Lalu tambahkan air dan robb-e anar 2 sdm, biarkan mendidih lebih kurang 10 menit. Sisihkan. Oiya, dimasak dengan api sedang cenderung kecil.
  2.  Dalam wadah terpisah (saya menggunakan panci presto), panaskan minyak untuk menumis. Masukkan bawang bombay/merah cincang. Aduk-aduk sebentar, lalu tambahkan ayam cincang dan garam. Aduk lagi sampe ayam berubah warna.
  3.  Lalu tambahkan kunyit dan kayu manis. Aduk rata.
  4.  Tambahkan robb-e anar, aduk rata. Lalu tambahkan air 3 gelas air. Biarkan mendidih. Masak dengan api kecil.
  5.  Masak terus sampe kuahnya agak kental. Lalu tambahkan gula. Seperti yang sudah saya uraikan tadi, tingkat kemanisan tergantung selera masing-masing.  Selamat mencoba







Tidak ada komentar:

Posting Komentar