Minggu, 16 Februari 2014

Lumpia goreng



Minggu lalu waktu ulang tahun anak saya yg ke-2, bingung juga saya mau bikin camilan apa buat para tamu. Sebenarnya saya ingin bikin nasi kuning dan cake ulang tahun saja. Tapi berhubung tamu2 yg datang adalah orang Iran dan mereka tidak biasa dengan makanan kita, maka niat itupun batal, ngga jadi bikin. .
Buat putri saya, dulu saya pernah bikin pastel, risoles dan kroket kentang. Semuanya cocok buat para undangan. Akhirnya pilihan jatuh pada lumpia,kroket kentang (lagi) dan mini pie buah.

Lumpia belum pernah bikin sebelumnya. Lalu saya browsing nyari resep camilan tersebut. Ketemu dapurnya Mbak Ita-Dapur GriyaKhayangan. Ada resep kroket kampung. Saya coba bikin. Gorengan pertama sy makan, dah ho oh..ini sih lumpia spt yg pernah sy makan dulu wkt masih di kampung. Lalu saya inbox pemilik resep, ngucapin terima kasih atas resepnya dan sudah sy pakai pula.

Oiya, buat lumpia ini, isinya sy sesuaikan dengan selera yg makan. Orang Iran umunya mereka tidak suka makan pedas. Jadi lumpianya tidak saya dampingi dengan cabe rawit.



Berikut resep lumpia

Bahan kulit
250 gr terigu
50 gr tapioka (sy ngga punya, jadi sy ganti tepung lokal, kanji/strach gandum)
2 putih telur, kock lepas
1/2 sdt garam
60 ml air matang (sy tambahkan sedikit lagi, krn ukuran ini agak kental buat saya)
2 sdm minyak goreng

Cara bikin kulit.
- Campur semua bahan jadi satu, aduk rata hingga adonan licin.
- Tuangi 2 sdm minyak, lalu aduk lagi. Sy lihat masih ada gumpalan tepung, jadi adonannya sy blender sebentar.
- Bikin dadar di panci teflon

Bahan Isi.
Isi lumpia saya sesuaikan dengan selera yg makan. Kali ini isi lumpia saya bikin dari olahan miehun goreng yg dicampur daging giling, wortel iris,kol iris, dan daun seledri/daun sop.Waktu itu bikinnya ukuran 3/4 bungkus miehun. Sementara lumpianya jadi sekitar 25 potong. Jadi miehunnya yg dipakai buat lumpia hanya sedikit.

Bumbu halusnya : Bawang merah, bawang putih, lada dan garam, kecap manis (maaf ukuran bumbunya sy kira2 aja waktu itu, krn bikinnya banyak untuk ukuran 3/4 mie bungkus miehun)


Tidak ada komentar: