Selasa, 18 Februari 2014

Tahu rumahan


Olahan kedele yg juga popolur selain tempe adalah tahu. Di seluruh Indonesia pasti mengenal dan menjual olahan kedele yang satu ini. Buat yang tinggal di LN, beberapa toko Asia menjual tahu. Tapi di Iran, agak susah mendapatkan bahan makanan Indonesia seperti tahu dan tempe. Kalo kepengen, ya mesti buat sendiri di rumah.

Saya pun penggemar tahu dan tempe. Berbekal pelajaran dari youtube dan browsing internet, sy mencoba membuat olahan tahu di rumah. Alhamdulillah dan sy sungguh berterima kasih kepada orang2 yg telah bersedia berbagi ilmu memasak lewat sarana internet.

Oke, berikut cara pembuatan tahu

Bahan
1/2 kg kedele
3 liter air
50 ml perasan air jeruk nipis(dari dua buah jeruk nipis)
1 sdm cuka masak.

Caranya:
- 1/2 kg kedele rendam semalaman sampai kedele mengembang.
- Blender dengan 3 lt air . Ketika selesai di rendam, sy lihat kedele jd banyak (krn mengembang) dan tidak mencukupi kapasitas blender sy yg kecil. Jadi sy kurangin tahunya lk 200-250 grm,sy blender dgn 1.5 liter air)
- Blender dua kali. Maksudnya, ampas dari blender yg pertama sy blender lagi.
- Saring dan peras untuk mengeluarkan airnya. Sy menggunakan kain blacu untuk menyaring hasil blenderan.
- Hasil saringan direbus sampe mendidih pelan.Angkat dan dinginkan.
- Lalukan masukan air jeruk dan cuka (krn sy sudah mengurangi takaran kedele, maka air perasan jeruk nipis dan cuka juga sy kurangi)
- Siapkan cetakan yg dialasi kain saringan (sy pake kain blacu dan cetakannya kotak mika plastik ukuran lk 11x11cm.Bagian bawah kotak mika telah dilubangi).
- Tuang rebusan air kedele tadi ke dalam cetakan. Biarkan airnya turun. Setelah agak kering, tutup kain penyaring. Letakkan pemberat diatasnya.
- Tunggu 5-12 jam. Tahu sudah jadi. Simpan dalam kulkas dalam wadah yg diberi air dgn sedikit garam.

Note: maaf tidak disertai foto step by step, krn baru pertama bikin, deg2an takut ngga jd, sy pun lupa memotonya.

Tidak ada komentar: