Jumat, 13 Desember 2013

Kacang Bawang/Tojin


Semua juga tau kan, ini camilan yg enak dan asyik. Duduk di depan TV, setoples bisa ludes. Dulu, saya tidak tau kalo nama lain dari camilan ini adalah kacang bawang. Di kampung saya,Aceh, kacang bawang ini populer dengan nama Kacang Tojin. Ketika saya liat di internet resep kacang bawang, saya penasaran, seperti apa sih kacang bawang. Setelah saya liat2 lagi resepnya, oh...ternyata kacang bawang ini adalah kacang tojin. Selalunya hadir menghiasi lebaran dirumah2 kami di kampung.

Sebenarnya, membuat kacang tojin ini atau kacang bawang ini gampang banget, hanya saja mengupas kulit kacang itu lho yg membosankan, perasaan kok lama banget mengupasnya. Dulu, ketika masih kecil, saya dan sodara2 mengupas kulit kacang ini sambil nonton TV biar ngga kerasa bosan. Wah, banyak kenangan dengan kacang tojin ini. Sekarang, berhubung saya dirantau, dan di tempat saya sekrang tidak mengenal jenis camilan ini, jadilah saya yg ngerjain sendiri, mulai dari mengupas, menggoreng dan makannya bareng anak2 dan suami..

Resep Kacang Bawang
Sumber : Resep Kacang Bawang NCC

1 kg kacang tanah
2 liter air mendidih
2 sdm garam
5 bawang putih, iris tipis goreng
1 liter minyak untuk menggoreng

Caranya
1. Campur kacang tanah dengan air mendidih. Tunggu sampai airnya hangat2 kuku. Kupas kulit kacang.
2. Panaskan minyak, goreng kacang. Aduk2, jangan sampe gosong.
3. Hasil gorengan taburi garam dan bawang putih goreng.
4. Dinginkan, simpan dalam toples rapat.



Tidak ada komentar: