Rabu, 30 Juli 2014

Misoa goreng



Misoa goreng ini adalah salah satu camilan favorit saya. Untuk bisa menikmati camilan favorit seperti ini,tidak lah mudah bila kita tinggal di rantau, apalagi di tmpt kita tinggal tidak tersedia peganan seperti ini. Mesti rajin-rajin masak dan rajin googling mencari resep yang pas. Sebenarnya, dulu ketika awal tinggal disini, saya sudah pernah membuat camilan ini, tapi berhubung resepnya ntah dimana saya simpan, maka saya kembali mencari resep yang pas di internet. Dan saya mampir di blognya NCC chiness food week.

Bulan ramadhan kemarenpun, saya benar2 ingin menikmati camilan ini sebagai makanan buka puasa. Wuihh...benar-benar serasa buka puasa di kampung :-).

Berikut resep misoa goreng yang saya adaptasi dari NCC chiness food week.

MISOA GORENG ( mbak AYIN)

Bahan :
200 grm mie telur, remas-remas, rebus matang lalu tiriskan (saya menggunakan miehun/bihun)
1 bh dada ayam, rebus, cincang kasar.
1 butir telur, kocok lepas
1 bh wortel, serut kasar
1 btg daun bawang, iris tipis
1 bh bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt merica bubuk
1 sdt garam
100 ml air kaldu (saya pakai air biasa)
2 sdm tepung terigu, larutkan dengan sedikit air
1 sdm margarine untuk menumis (saya pakai minyak goreng biasa)
2 butir telur untuk celupan
minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
Tumis bawang bombay sampai layu. Lalu masukan bawang putih, aduk sampai harumnya keluar.
Tambahkan sayuran dan daging ayam cincang. 
Lalu masukan mie telur, air kaldu dan telur kocok. 
Beri garam dan merica. Aduk sampai air menyusut, tuangkan larutan tepung terigu. Masak sampai mengental, masukan kedalam loyang yang telah diolesi minyak.
Diamkan selama kurleb 30 menit sampai agak kaku (saya menyimpan di kulkas).
Potong-potong lalu celupkan kedalam kocokan telur.
Goreng sampai kuning keemasan.
Sajikan dengan cabe rawit.

Selamat mencoba.



Tidak ada komentar: