Senin, 03 Maret 2014

Bolu Aceh




Di Aceh, bolu ini sangat populer. Dalam bahasa Aceh, kami menamainya "bhoi" yang artinya bolu. Bentuknya bermacam2, bentuk bunga, daun dan ikan. Bentuk ikan paling populer, sehingga nama lain dari bhoi ini juga bolu ikan.  Hampir di setiap kesempatan kenduri, bolu ini selalu hadir. Pada acara perkawinan adat Aceh, ada yang namanya "antar dara baro", yaitu mengantar pengantin wanita ke rumah pengantin pria. Pihak wanita datang bersama rombongan dengan membawa beberapa talam besar yg isinya kue2 tradisional, salah satunya bolu ini.



Di wilayah Aceh Besar, desa Lampisang merupakan sentra industri bolu ini. Sepanjang jalan desa yg merupakan jalan lintas Aceh bagian barat, kita bisa menjumpai para penjual bolu ini disamping kue2 tradisional yg lain.

Waktu kami masih kecil, ibu kami dirumah sering sekali membuat bolu ini, kadang untuk konsumsi kami dirumah, kadang juga untuk dibawa ke acara kenduri tetangga. Membuatnya sangat gampang dan bahannya pun sederhana, hanya tepung,gula dan telur,tanpa pengembang. Resep yg saya dapatkan dari ibu sy menggunakan takaran 1 gelas duralex untuk tepung, gula dan telor. Tapi berhubung sy tidak punya gelas duralex, dan hasil komunikasi dengan adik saya, maka sy menggunakan takaran gram yg biasa dipakai dalam membuat kue..

Sore tadi, anak saya minta dibuatkan cake. Pengennya bikin cake yg lain kali ini. Saya pun mulai membongkar kabinet dapur yg berisikan loyang2 cake. Ketika melihat cetakan bolu aceh ini, sy mendapatkan ide untuk membuatnya. Dengan takaran satu gelas(duralex), kira2 250 gram tepung, bisa menghasilkan lebih dari 21 potong bolu.



Berikut resep bhoi, atau bolu aceh, atau bolu ikan.

Bahan
250 gram terigu
5 - 6 butir telor
220 grm gula (resep asli satu gelas duralex, lk 250 gram, menurut sy kemanisan, maka sy kurangin sedikit takarannya)
1/2 sdt vanila (resep asli ngga pake)

Cara membuat
1. Panaskan oven (sy tidak tau pasti ukuran panasnya, tapi wkt sy bikin sy gunakan panas 170-180 DC)
2. Campurkan gula dan telor, kocok sampe kembang.
3. Tambahkan terigu sedikit sedikit (terigunya sudah diayak seblmnya) dan vanili.
4. Siapkan cetakan khusus bhoi. Olesi minyak. Lalu tuang adonan ke dalam cetakan, jangan sampe penuh, karena nanti waktu di oven akan mengembang.
5. Oven sampe matang.



Tidak ada komentar: