Minggu, 11 Januari 2015

Ayam Masak Mirah ala Aceh






Ceritanya hari ini lagi rindu masakan mamak. Banyak yang ingin saya masak masakan kampung. Untuk suasana dinginnya udara winter, masakan pedas pilihan yang tepat menurut saya. Makanya sayapun memilih ayam masak mirah ala Aceh.

Di Aceh, masakan ini disebut “manok tagun mirah”.  Saya ingat betul, kalau mamak masak masakan ini di rumah, pasti semua suka. Rasanya yang pedas sangat nikmat, apalagi dimakan dengan nasi hangat. Kadang ada saya protes “kok pedas kali”, tapi makannya ngga bisa ditahan-tahan. Biar pedas, nambah pula makannya hahahah.....Duh, mengingatnya saja sudah bikin ileran.

Yuk kita lihat resepnya Ayam masak mirah ala Aceh
untuk 4 potong ayam .

Bumbu halus :
7 cabe merah
10 cabe rawit
1 bawang merah ukuran sedang (bukan bawang bombay ya)
 2 bawang putih
1 sdm ketumbar
3/4 sdt kunyit bubuk
15 butir lada putih (semua dihaluskan)
Garam sekucupnya

bumbu rempah :
1 bunga lawang
5 helai daun temurui
1 btg sere
 lengkuas seruas jari.

Bumbu tambahan:
1 sdm kelapa gongseng (kalo ngga ada skip aja)
2 sdm air asam jawa

Caranya :
Kalau ayamnya segar (bukan dari freezer), campur dengan bumbu halus, lalu diamkan.
Kalo ayamnya dari freezer, keluarkan dari freezer dan biarkan es nya mencair. Lalu direbus.

Panaskan minyak lalu  masukkan bawang merah yang dirajang kasar. Ketika sudah agak kuning, lalu masukkan bumbu rempah. Aduk-aduk sebentar. Dijaga api kompor jangan besar karena bisa menyebabkan rempah hangus. 

 Ketika rempah sudah mengeluarkan wangi, masukkan ayam yg dicampur dengan bumbu halus tadi. Aduk-rata dalam wajan. Biarkan masak sebentar kira-kira 10 menit. Lalu tambahkan air 1 1/2 gelas. Biarkan mendidih. Ketika sudah agak berkurang airnya, tambahkan kelapa gongseng. Masak sampai kuah mengental. Beberapa menit sebelum diangkat, tambahkan air asam jawa. Aduk-aduk dan icip rasanya.


Sajikan dengan nasi hangat.


Tidak ada komentar: