Jumat, 03 Januari 2014

Ayam Saffron


Saffron adalah bumbu masak yang paling populer di Iran. Aneka masakan diolah menggunakan saffron. Salah satunya adalah masakan berbahan dasar ayam. Meskipun dalam masakan Iran olahan ayam tidak banyak ragam seperti dalam masakan kita Indonesia, tapi ayam saffron ini merupakan salah satu masakan yg lezat dan gampang membuatnya.

Siang tadi, saya pun mengolah ayam saffron untuk menu makan siang kami di rumah. Wangi saffron dan rasa asam dari perasan jeruk nipis yg ditambahkan dalam masakan, membuat jenis masakan ini semakin nikmat dan yang lebih nikmat lagi, campuran saffron ke dalam rendaman ayam memghilangkan bau amis ayam yg biasa ada.
Oiya, ayam bisa direndam semalaman dalam kulkas, atau 15-30 menit sblm diolah dengan bumbu yang dipakai.
rendaman saffron.

Resep saya dibawah ini dipakai untuk porsi kecil, porsi keluarga kami. Bagi yang ingin mencoba resep ini dalam porsi yang lebih banyak, bisa disesuaikan saja takaran bumbu. Berikut resep ayam saffron.

Bahan
4 potong ayam bagian dada.
3 siung bawang putih, keprek.
1 bawang bombay ukuran besar (saya pake bawang biasa ukuran kecil, jadi 3 siung), rajang kasar.
2 sdm perasan air jeruk nipis.
1 butir kapulaga (saya pakai kapulaga hijau).
sedikit saffron (td sy pake hampir 1/4 sdt), rendam dalam air panas.Tutup supaya saffron mengembang dan menghasilkan warna kuning yg indah.
300 ml air, tambahan untuk merebus ayam.
Garam secukupnya.

Caranya:
1. Dalam panci yang akan kita gunakan untuk merebus ayam, masukkan ayam, tambahkan garam. Aduk rata.
2. Lalu masukkan bawang putih yg dikeprek dan bawang merah yg dirajang kasar.
3. Tambahkan perasan air  jeruk nipis dan rendaman saffron. Aduk rata.
4. Tambahkan air untuk merebus ayam.
5. Biarkan sekitar 15-30 menit, atau bisa direndam semalaman dalam kulkas.

6. Rebus ayam diatas api kecil sampai ayam matang, dan airnya berkurang. Selama merebus,balik bagian bawah ayam ke atas, sehingga warna kuning saffron merata pada seluruh ayam.

7. Setelah ayam matang, pindahkan ayam ke dalam wadah yg bisa dipakai untuk dioven.



siap masuk oven



dalam oven.

8. Oven ayam yg telah direbus tadi bersama air rebusan yang tersisa, lbk 15 menit atau sampai ayam berwarna kuning sedikit kecoklatan. Jangan mengoven terlalu lama karena bisa menyebabkan ayam menjadi kering.

9. Keluarkan dari oven dan hidangkan ayam, siram air rebusan yang tersisa ke atas ayam tadi.


Jika tidak punya oven, ayam bisa digoreng sebentar dengan sedikit minyak sekitar 2-3 sdm saja, sekedar digoreng hanya sampai ayam berubah warna menjadi sedikit kecoklatan. Air rebusan ayam biarkan mengurang sampai tinggal 1/4 dari air rebusan awal. Menghidangkannya sama spt menghidangkan ayam yg dioven tadi.

Selamat mencoba.


Tidak ada komentar: