Minggu, 16 Februari 2014

Brownies kukus gluten free (dan juga tanpa pengembang)


Sejak ketemu resep ini, sy kepengin segera mencobanya. Menarik sekali karena browniesnya gluten free. Tapi ada aja yg bikin kendala, terutama malas..hehehe..Nah, jadi tadi sehabis makan malam, sy kuatkan niat pantang mundur, kalahkan rasa malas, dan sy pun mencoba resep yg ini. Ternyata, benar2 enak, apalgi dimakan dalam keadaaan sedikit hangat (sedikit lho, ngga panas).Oiya, resepnya dapat di blog Ummu Fatima. I m grateful untuk resepnya dan pemilik blog yg bersedia membagi ilmu.

MasyaALLAH... dan Alhamdulillah, baru aja dibikin, malam ini juga nyaris ludes, alias tinggal kalo ngga salah dua potong aja. InshaALLAH, resep ini menjadi resep yg sering dipakai dirumah saya, selain memang enak, tekstur nya yg lembut dan ya itu tadi..gluten free dan tanpa pengembang.

Berikut resep brownies sehat dan enak ini..

Bahan
3 butir telur
100 ml minyak goreng
100 gr gula pasir (ketika dimakan tadi, dikasih komen masih agak manis, mgk yg suka kurang manis bisa dikurangin takaran gulanya sedikit, misalnya 80 garam saja)
50 gr tepung beras
15 gr maizena
50 gr DCC (resep asli 60 gr), potong kecil-kecil
20 gr coklat bubuk
minyak goreng untuk mengoles loyang

Caranya : 
- Kukusan dipanasin, apinya sedang cenderung kecil.
- Loyang diameter 18 cm diolesin minyak (sy pake loyang bundar)
- Campur tepung beras,maizena dan coklat bubuk (tadi semua sy ayak jadi satu).Sisihkan.
- Lelehkan DCC, caranya panaskan minyak, matikan api lalu masukkan DCC , aduk2 hingga DCC larut. Atau bisa juga dgn cara di tim dan masukkan minyak (tadi sy pake cara pertama).
- Kocok telur dan gula sampe kembang dan kental (lk 10 menit) dgn kecepatan tinggi.
- Kecilkan kecepatan mikser, masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit. Aduk rata dan tidak ada campuran tepung yg mengumpal.
- Masukkan DCC, aduk rata. Matikan mikser.
- Tuang adonan ke dalam loyang. Masukkan ke dalam kukusan.
- Bila sudah matang, keluarkan dari kukusan. Tunggu agak dingin, baru dipotong2.


Tidak ada komentar: