Jumat, 13 Februari 2015

Tiramisu sederhana (tanpa telur dan non alkohol)



Dari awal mengenal jenis makanan pencuci mulut ini, saya begitu penasaran bagaimana rasa dan cara membuatnya. Pernah sekali mencoba, tapi gagal total. Akhirnya sayapun patah semangat untuk mencobanya lagi. Malas, takut gagal lagi.

Waktu belanja ke supermarket (ah bukan supermarket sih sebenarnya, toko biasa  hanya agak besar), di bagian yang menjual dessert ada pajangan tiramisu. Saya beli karena penasaran. Ternyata emang benar enak.

Semangat kembali terkumpul untuk mencoba. Mulai lah ubek ubek internet, mencari resep yang pas. Di group FB masak masak juga pernah posting tentang tiramisu. Akhirnya saya mendapat info bahwa tiramisu bisa dibuat dengan biskuit lady finger atau cake sponge (biasa maupun coklat cake). Dan penggunaan keju khususpun tidak diwajibkan, alias bisa diganti. Dan rasanya tetap enak.

Dan sayapun memulai ubek ubek lagi, kali ini ubek ubek dapur :-).

Tiramisu saya dibawah ini berbasic cake coklat dan menggunakan cream cheese yang dicampur dengan heavy cream. Kebetulan, kedua krim ini dipake untuk hidangan sarapan di Iran.

Resep tiramisu tanpa telur dan non alcohol

1 buah cake coklat. Belah dua (jangan tebal banget dan jangan tipis banget ya)
250 gram heavy cream
200 gram cream cheese
115 gram gula bubuk
1 gelas kopi diseduh air panas. Saya pake cappucino. Saya seduh satu gelas, sisanya buat minum..hehehe
bubuk coklat secukupnya

Caranya

  1. Kocok cream cheese, heavy cream and gula bersamaan sampe mengembang.
  2. Letakkan di dasar wadah potongan cake coklat. Lalu siram air kopi sedikit. Kemudian lapisi dengan kocokan cream. 
  3. Tutup lagi dengan potongan cake coklat. Lalu siram lagi dengan air kopi dan lapisi dengan cream.
  4. Tutup dengan coklat bubuk dengan cara mengayak diatas lapisan cream.
  5. Simpan dalam kulkas sampe set benar. Bagusnya memang membuat tiramisu ini sehari sebelum dimakan.


Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: